BAB I
PENDAHULUAN
1.1
Latar
Belakang
Pada zaman ini komputer merupakan
kebutuhan yang tidak bisa ditinggalkan dan diabaikan oleh manusia, hampir pada
setiap bidang yang manusia kerjakan saat
ini membutuhan komputer. Interaksi antara manusia dan komputer tentu merupakan
suatu hal yang perlu diperhatikan agar hubungan antara manusia dan komputer
bisa terjalin dengan baik, menusia dapat memafaatkan komputer dengan bijaksana
dan komputer dapat dipergunakan sesuai dengan fungsinya. Setelah komputer
pribadi (PC) diperkenalkan kepada masyarakat sekitar tahun 70-an, maka
berkembanglah penggunaan teknologi ini secara cepat ke berbagai penjuru
kehidupan seperti: pendidikan, perdagangan, pertahanan, perusahaan, dan
sebagainya. Kemajuan-kemajuan teknologi tersebut akhirnya juga mempengaruhi
rancangan sistem. Sistem rancangan
dituntut harus bisa memenuhi kebutuhan pemakai, sistem harus mempunyai kecocokkan dengan kebutuhan pemakai atau suatu sistem yang
dirancang harus berorientasi kepada
pemakai. Pada awal tahun 70- an ini, juga mulai muncul isu teknik antarmuka
pemakai yang diketahui sebagai Man-Machine Interaction (MMI) atau
Interaksi Manusia-Mesin.
Yang mendasari adanya IMK adalah karena
kebutuhan manusia untuk berinteraksi
dengan komputer yaitu menggunakan sejumlah menu maupun teks atau juga
bisa menggunakan alat bantu masukan
(input) , yang berupa nouse ataupun keyboard. dan juga memerlukan alat bantu
keluaran (output unit), yang dimana data-data tersebut dapat disimpan dalam
media penyimpanan yang biasa disebut harddisk atau flashdisk.
IMK (Interaksi Manusia Komputer) adalah
serangkaian proses, dialog dan kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk
berinteraksi dengan komputer yang keduanya saling memberikan masukan dan umpan
balik melalui sebuah antar muka untuk memperoleh hasil akhir yang diharapkan.
Interaksi manusia komputer merupakan
suatu aktivitas yang banyak kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Dan
seringkali pada saat beraktivitas di depan komputer, dalam jangka waktu tertentu
akan menimbulkan keluhan dari pengguna komputer yang disebabkan oleh beban
kerja yang dialami pengguna.
1.2
Rumusan
Masalah
Melihat dari latar
belakang masalah , maka di dapat rumusan masalah sebagai berikut :
1.1 Interaksi
manusia dan komputer dan fungsinya
1.2 Fungsi
interaksi manusia dan komputer
1.3 Hubungan
timbal balik antara komputer dan user
1.4 Prinsip usability
1.5 Dialog
manusia-komputer
1.3
Tujuan
Tujuan penulisan
makalah ini adalah untuk menginformasikan kepada pembaca antara lain tentang :
1.1 Memahami
hubungan interaksi manusia dan komputer
1.2 Dapat
mengetahui hal-hal yang mempengaruhi interaksi manusia dengan komputer
1.3 Dapat
memahami interaksi antara manusia dan komputer dengan baik
1.4 Manfaat
1.1 Mengetahui
hal-hal yang mempengaruhi interaksi manusia dengan komputer
1.2 Mengetahui
dan memahami prinsip usability dalam interaksi manusia dan komputer
1.3 Mengetahui
dan memahami fungsi interaksi manusia dan komputer
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
BAB II
PEMBAHASAN
INTERAKSI
ANTARA MANUSIA DENGAN KOMPUTER
2.1 Fungsi Komputer Bagi Manusia
Komputer
merupakan kebutuhan yang penting pada zaman ini, banyak manfaat yang dapat
manusia peroleh dengan komputer yang saat ini sudah sangat canggih dan maju,
berikut adalah beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari komputer :
1.
Sebagai
sarana komunikasi
Pada zaman dahulu
masyarakat masih menggunakan surat atau telepon untuk berkomunikasi jarak jauh
tetapi hanya bisa menyampaikan suara atau pesan saja, dengan adanya komputer
saat ini kita bisa berhubungan dengan orang yang jauh dengan dengan menggunakan
skype atau webcam yang tidak hanya suara saja yang ditampilkan tetapi juga bisa
menampilkan gambar untuk berkomunikasi.
2.
Sebagai
alat pendidikan
Dengan komputer
siswa sekolah dapat memperoleh pengetahuan dengan koneksi internet dan
sebagainya sehingga pengetahuan mereka luas. Selain itu komputer juga dapat
digunakan sebagai media pembelajaran yang efektif, guru dapat menyampaikan
pelajarannya dengan mudah.
3.
Sebagai
sarana guna mempermudah dunia pekerjaan
Ketika komputer
belum ada, untuk menulis surat atau dokumen masih menggunakan manual atau mesin
ketik. Cara tersebut akan menyulitkan ketika terjadi kesalahan dan juga akan
memakan waktu yang lama selain itu cara tersebut akan menyulitkan ketika
menyimpan surat atau dokumen tersebut. Setelah adanya komputer hal tersebut dapat
dipermudah.
4.
Sebagai
sarana informasi
Dengan komputer
yang sudah tersambung dengan internet informasi jenis apapun dapat kita
peroleh, mulai dari bidang pendidikan, usaha, fashion, ataupun informasi
tentang cuaca semuanya dapat dengan mudah kita dapatkan
5.
Sebagai
sarana keamanan
Dalam bidang
keamanan, alat-alat militer saat ini sudah dikendalikan dengan komputer untuk
menghadapi berbagai serangan dari luar atau dalam negeri.
2.2. Pengertian
Interaksi Manusia Dengan Komputer
Interaksi
manusia dan komputer dalam bahasa inggris disebut human computer interaction, (HCI)
adalah ilmu yang mempelajari hubungan antara manusia dan komputer yang meliputi
perancangan, evaluasi, dan implementasi antarmuka pengguna komputer agar mudah
digunakan oleh manusia. Ilmu ini berusaha untuk menemukan cara paling efisien
dalam merancang pesan electronik. Sedangkan interaksi manusia dan komputer
sendiri adalah serangkaian proses, dialog dan kegiatan yang dilakukan oleh
manusia untuk berinteraksi dengan komputer yang keduanya saling memberikan
masukan dan umpan balik melalui sebuah antarmuka untuk memperoleh hasil akhir
yang diharapkan. Berikut adalah komponen-komponen interaksi manusia dengan
komputer :
1.
User
Dimana pengguna
dapat berupa individu, grup dalam sebuah kelompok yang saling berhubungan, atau
sekelompok dalam organisasi dimana
masing-masing berhubungan dengan bagian
sama dari suatu
kerjaan atau proses.
User (manusia) memiliki keterbatasan dalam memproses informasi, dan hal
ini mempunyai implikasi pada desain antara lain:
1.
Informasi
yang diterima dan direspon melalui sejumlah saluran input dan output :
·
Saluran
Visual (visual channel)
·
Saluran
Pendengaran (auditory channel)
·
Saluran
Peraba (haptic channel)
·
Pergerakan
(movement)
2.
Informasi
disimpan pada memory
·
Memory
Sensor
·
Memory
Jangka Pendek
·
Memory
Jangka Panjang
3.
Informasi
diproses dan diaplikasikan
·
Penalaran
·
Pemecahan
masalah
·
Skill
acquisition
·
Kesalahan
2.
Komputer
Komputer
adalah suatu teknologi
yang digunakan untuk mengontrol suatu proses atau sebuah sistem; Jenisnya
dapat berupa komputer yang berskala kecil/desktop sampai keskala besar seperti
komputer super. Komputer dapat juga
berupa suatu teknologi
yang dapat ditempelkan/dicangkokkan (embedded system) ke
suatu benda.
Sistem komputer terdiri dari berbagai macam
elemen, yang masing-masing memiliki pengaruh terhadap user. Peralatan input
untuk penggunaan secara interaktif memungkinkan user untuk memasukkan teks,
menggambar, dan memilih obyek pada layar.
Peralatan output untuk penggunaan secara
interaktif secara umum adalah beberapa jenis layar serta output dengan suara.
Output dan input dalam bentuk kertas : paperless office dan less-paperless
office.
3.
Interaksi
Setiap
komunikasi antara pengguna
(user) dengan komputer,
secara langsung maupun tidak
langsung; Interaksi tersebut
melibatkan suatu dialog dengan suatu umpan-balik (feedback)
dan kontrol hasil kinerja dari suatu kerja. Interaksi yang
yang bagus antar
pengguna dengan pemberi
dapat memberikan suatu kemudahan
dalam melakukan pekerjaan
sehingga dapat menghasilkan suatu
hasil yang diinginkan tepat waktu.
v Mengapa membutuhkan Interaksi Manusia dan
Komputer ?
Bisa di ambil sebagai contoh misalnya saja:
Seorang Programmer
membuat sebuah program dengan menggunakan beberapa form. Form pertama misalnya
berisi transaksi penjualan barang, kemudian dia membuat beberapa tombol dengan
nama New, Save, Edit, Delete. Kemudian pada form kedua misalnya berisi
transaksi pembelian barang, programmer tersebut membuat beberapa tombol dengan
nama Baru, Simpan, Koreksi, Hapus.
Dari contoh diatas
terlihat bahwa penamaan tombol-tombol tersebut pada beberapa form berbeda dan
tidak konsisten. Dan untuk sebuah program hal ini tidaklah baik. Contohnya satu
lagi, misalkan sebuah komputer lengkap dipasang pada sebuah tempat yang tidak
nyaman bagi seorang user yang menggunakan. Atau keyboard yang digunakan pada
komputer tersebut tombol-tombolnya keras sehingga susah untuk mengetik sesuatu.
Maka dari
contoh-contoh diatas terdapat beberapa hal, yaitu karna ketidaknyamanannya
dalam berinteraksi, antara manusia dan komputer. Dari sini dapat diperoleh
mengapa kita membutuhkan dan mempelajari mata kuliah Interaksi Manusia dan
Komputer. Mungkin masih banyak contoh-contoh lainnya yang berhubungan dengan
Interaksi Manusia dan Komputer.
2.3
Tujuan Interaksi Manusia Dengan Komputer
Interaksi
manusia dan komputer memiliki tujuan utama yaitu untuk mempermudah manusia
dalam mengoperasikan komputer dan mendapatkan berbagai umpan balik yang ia
perlukan selama ia bekerja pada sebuah sistem komputer.
Kita
butuh Interaksi manusia komputer adalah agar kita lebih cepat dalam
menyelesaikan suatu pekerjaan. serta dapat membuat waktu pengerjaannya lebih
cepat dan tidak membutuhkan banyak biaya dalam membuat suatu pekerjaan.
2.4 Hubungan Timbal Balik Antara User
Dengan Komputer
Interaksi adalah juga disebut proses
hubungan timbal balik diantara manusia (aktif) dengan komputer (pasif). IMK
adalah perihal, tata bentuk, penilaian dan implementasi sistem komputer
interaktif untuk kegunaan manuasia dengan kajian fenomena yang didalamnya /
interaksi antara pengguna dengan sistem. Komponen yang melibatkan model
interaksi diantara pengguna :
a. Pengguna
(manusia)
Manusia menerima dan
memproses perintah kedalam komputer. Pengguna secara individu atau sekelompok
dimana masing-masing berhubungan dengan bagian dari suatu pekerjaan atau
proses.
b. Sistem
(mesin)
Komputer
: teknologi komputer yang digunakan untuk menerima, memproses, dan menghasilkan
output yang telah diproses.
c. Interaksi
Pengaruh
akibat Interaksi Manusia dan Komputer dalam masa sekarang ini dapat dipandang
dari dua sudut, yaitu sudut Kemanusiaan dan Sudut sosial.
v Keuntungan
Manusia dapat berinteraksi dengan Komputer adalah :
1. Menghemat
waktu untuk mengerjakan pekerjaan perhitungan yang rumit seperti membuat
laporan keuangan.
2. Menghemat
tenaga, karena manusia mengendalikan komputer untuk melakukan tugas yang
berulang seperti menginput transaksi pemebelian, penjualan dll. Tanpa menulis
hal yang selalu berulang dari setiap transaksi.
v Implementasi
Interaksi Manusia dan Komputer :
1. Untuk
kehidupan sehari-hari, seperti kendali lalu lintas udara, reaktor nuklir dan
pembangkit listrik.
2. Pemakaian
industri dan komersial, seperti perbankan, asuransi, pemesanan barang,
pemesanan hotel.
3. Aplikasi
hotel, rumah dan hiburan, seperti video game, email, dan paket pendidikan.
4. Eksplorasi,
kreatif, dan kerjasama, seperti web, pengambilan keputusan bisnis, dan
ensiklopedi.
2.5 Prinsip Usability
Usability
dalam interaksi manusia dan komputer merupakan bagian penting yang harus
terpenuhi dalam perancangan sebuah sistem. Misalnya dalam pembuatan sebuah web.
Web usability adalah salah satu faktor penting dalam mengembangkan sebuah web.
Pengembang harus memahami prinsip-prinsip usability sebelum
mengimplemen-tasikannya pada sebuah web.Menurut Jacob Nielsen, usability adalah
sebuah atribut kualitas yang menilai tingkat kemudahan user interface untuk
digunakan.
v Usability
didefenisikan melalui lima komponen, yaitu :
1. Learnability
Learnability
menjelaskan tingkat kemudahan pengguna untuk memenuhi task-task dasar ketika
pertama kali mereka melihat/menggunakan hasil perancangan.
2. Efficiency
Efficiency menjelaskan
tingkat kecepatan pengguna dalam menyelesaikan task-task setelah mereka
mempelajari hasil perancangan.
3. Memorability
Memorability
menjelaskan tingkat kemudahan pengguna dalam menggunakan rancangan dengan baik,
setelah beberapa lama tidak menggunakannya.
4. Errors
Errors menjelaskan jumlah error yang dilakukan oleh
pengguna, tingkat kejengkelan terhadap error dan cara memperbaiki error.
5. Satisfaction
Satisfaction
menjelaskan tingkat kepuasan pengguna dalam menggunakan rancangan.
v Sebuah
web dangan usability akan ditinggalkan penggunanya hanya dalam hitungan menit.
Misalnya dikarenakan beberapa kondisi sebagai berikut :
· Web
Sulit digunakan
· Navigasi
web yang buruk.
· Pengguna
tidak mendapatkan apa yang diinginkan.
· Pengguna
mendapatkan adanya kesalahan pada web.
· Homepage
tidak menjelaskan tentang apa yang ditawarkan oleh perusahaan
· Petunjuk
yang kurang jelas
2.6 Dialog Manusia Komputer
Dialog dalam arti umum adalah percakapan
antara dua kelompok atau lebih. Sedangkan dialog dalam konteks perencanaan user
interface adalah struktur dari percakapan antara user dan sistem komputer.
v Dialog
Manusia – Komputer:
• Berbeda dengan dialog
antar manusia pada umumnya, dialog dengan komputer biasanya terstruktur dan
terbatas.
• Beberapa ciri-ciri
dari dialog terstruktur yang nantinya ditemukan dalam dialog komputer:
- Menyebutkan
beberapa hal tertentu secara berurutan.
- Beberapa
bagian dari dialog dilakukan secara bersamaan.
- Dialog
berikutnya tergantung pada respon dari partisipan.
- Dialog
terstruktur biasanya tidak langsung menuju pada arti katakatanya/ semantik tapi
pada level sintaksis.
Dalam
konteks perancangan antarmuka pengguna Dialog adalah struktur dari percakapan
antara pengguna dengan sistem komputer. Ragam dialog dalam interaksi manusia
dan komputer adalah kemampuan untuk memahami berbagai sistem interaktif yang digunakan
selama ini.
v Tiga
tingkatan bahasa komputer dalam suatu dialog!
1. Tingkat
paling rendah icon pada layar bahasa manusia ekivalen dengan bunyi dan ejaan
suatu kata
2. Urutan
dan struktur dari input dan output bahasa manusia ekivalen dengan grammar suatu
kalimat
3. Percakapan
yang berkaitan degan pengaruh pada struktur data internal komputer dan dunia
eksternal bahasa manusia ekivalen dengan arti yang berasal dari lapisan dalam
suatu percakapan
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Interaksi adalah juga disebut proses
hubungan timbal balik diantara manusia (aktif) dengan komputer (pasif). IMK
adalah perihal, tata bentuk, penilaian dan implementasi sistem komputer
interaktif untuk kegunaan manuasia dengan kajian fenomena yang didalamnya /
interaksi antara pengguna dengan sistem. Komponen yang melibatkan model
interaksi diantara pengguna : pengguna (manusia), sistem (mesin), dan
interaksi.
Usability dalam interaksi manusia dan
komputer merupakan bagian penting yang harus terpenuhi dalam perancangan sebuah
sistem. Misalnya dalam pembuatan sebuah web. Web usability adalah salah satu
faktor penting dalam mengembangkan sebuah web. Pengembang harus memahami
prinsip-prinsip usability sebelum mengimplementasikannya pada sebuah web.
Diharapkan dengan
adanya Interaksi manusia dan computer dapat dimanfaatkan sesuai dengan
kegunaan.
Kemajuan Komputer dimasa
mendatang diharapkan dapat membantu semua jenis pekerjaan manusia sehingga
mereka mampu menyelesaikan pekerjaan mereka dengan cepat karena dimasa depan
teknologi akan semakin canggih dan semua pekerjaan akan dikerjakan dengan
system computer
3.2
Saran
Untuk kemajuan teknologi computer maka
diharapkan agar perkembangan computer kedepan mampu merubah pola fikir dan
menjadikan masyarakat Indonesia menjadi manusia yang kreatif dan inovatif.
Serta tumbuhnya kreatifitas hingga menghasilkan suatu karya yang berguna bagi
manusia.
Diharapkan dengan adanya Interaksi
manusia dan computer dapat dimanfaatkan sesuai dengan kegunaan.
Kemajuan computer dimasa mendatang
diharapkan dapat membantu semua jenis pekerjaan manusia sehingga mereka mampu
menyelesaikan pekerjaan mereka dengan cepat karena dimasa depan teknologi akan
semakin canggih dan semua pekerjaan akan dikerjakan dengan system computer.
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
DAFTAR PUSTAKA
http://blog.re.or.id/antarmuka-pemakai-user-interface.html
http://carapedia.com/pengertian_definisi_desain_info2196.html
http://sennyherliyantir.blogspot.com/2011/05/desain.html
http://kyfi.wordpress.om/2010/11/01/desain-dalam-imk/
http://heriyanto-annafi.blogspot.om/2013/04/prinsip-design-ide-dalam-membuat-design.html
http://adrianade.blogspot.om/2013/05/prinsip-desain.html
http://evasendana.blogspot.co.id/2015/07/makalah-interaksi-manusia-dan-komputer.html
Terimakasih, Semoga Bermannfaat.
0 Komentar untuk "Makalah Interaksi Manusia Dan Komputer"