Berbagi Itu Indah

Makalah Interaksi Manusia Dan Komputer



Interaksi Manusia Dan Komputer



BAB I
PENDAHULUAN
1.1    Latar Belakang
Pada zaman ini komputer merupakan kebutuhan yang tidak bisa ditinggalkan dan diabaikan oleh manusia, hampir pada setiap bidang  yang manusia kerjakan saat ini membutuhan komputer. Interaksi antara manusia dan komputer tentu merupakan suatu hal yang perlu diperhatikan agar hubungan antara manusia dan komputer bisa terjalin dengan baik, menusia dapat memafaatkan komputer dengan bijaksana dan komputer dapat dipergunakan sesuai dengan fungsinya. Setelah komputer pribadi (PC) diperkenalkan kepada masyarakat sekitar tahun 70-an, maka berkembanglah penggunaan teknologi ini secara cepat ke berbagai penjuru kehidupan seperti: pendidikan, perdagangan, pertahanan, perusahaan, dan sebagainya. Kemajuan-kemajuan teknologi tersebut akhirnya juga mempengaruhi rancangan sistem. Sistem  rancangan dituntut harus bisa memenuhi kebutuhan pemakai, sistem harus mempunyai  kecocokkan dengan  kebutuhan pemakai atau suatu sistem yang dirancang harus berorientasi  kepada pemakai. Pada awal tahun 70- an ini, juga mulai muncul isu teknik antarmuka pemakai yang diketahui sebagai Man-Machine Interaction (MMI) atau Interaksi  Manusia-Mesin.
Yang mendasari adanya IMK adalah karena kebutuhan manusia untuk berinteraksi            dengan komputer yaitu menggunakan sejumlah menu maupun teks atau juga bisa       menggunakan alat bantu masukan (input) , yang berupa nouse ataupun keyboard. dan juga memerlukan alat bantu keluaran (output unit), yang dimana data-data tersebut dapat disimpan dalam media penyimpanan yang biasa disebut harddisk atau flashdisk.
IMK (Interaksi Manusia Komputer) adalah serangkaian proses, dialog dan kegiatan           yang dilakukan oleh manusia untuk berinteraksi dengan komputer yang keduanya saling memberikan masukan dan umpan balik melalui sebuah antar muka untuk memperoleh hasil akhir yang diharapkan.
Interaksi manusia komputer merupakan suatu aktivitas yang banyak kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Dan seringkali pada saat beraktivitas di depan komputer, dalam jangka waktu tertentu akan menimbulkan keluhan dari pengguna komputer yang disebabkan oleh beban kerja yang dialami pengguna.
1.2    Rumusan Masalah
Melihat dari latar belakang masalah , maka di dapat rumusan masalah sebagai berikut :
1.1  Interaksi manusia dan komputer dan fungsinya
1.2  Fungsi interaksi manusia dan komputer
1.3  Hubungan timbal balik antara komputer dan user
1.4  Prinsip usability
1.5  Dialog manusia-komputer

1.3    Tujuan
Tujuan penulisan makalah ini adalah untuk menginformasikan kepada pembaca antara lain tentang :
1.1  Memahami hubungan interaksi manusia dan komputer
1.2  Dapat mengetahui hal-hal yang mempengaruhi interaksi manusia dengan komputer
1.3  Dapat memahami interaksi antara manusia dan komputer dengan baik

1.4  Manfaat

1.1  Mengetahui hal-hal yang mempengaruhi interaksi manusia dengan komputer
1.2  Mengetahui dan memahami prinsip usability dalam interaksi manusia dan komputer
1.3  Mengetahui dan memahami fungsi interaksi manusia dan komputer


----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------- 



BAB II
PEMBAHASAN


INTERAKSI ANTARA MANUSIA DENGAN KOMPUTER
2.1 Fungsi Komputer Bagi Manusia
Komputer merupakan kebutuhan yang penting pada zaman ini, banyak manfaat yang dapat manusia peroleh dengan komputer yang saat ini sudah sangat canggih dan maju, berikut adalah beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari komputer :
1.     Sebagai sarana komunikasi
Pada zaman dahulu masyarakat masih menggunakan surat atau telepon untuk berkomunikasi jarak jauh tetapi hanya bisa menyampaikan suara atau pesan saja, dengan adanya komputer saat ini kita bisa berhubungan dengan orang yang jauh dengan dengan menggunakan skype atau webcam yang tidak hanya suara saja yang ditampilkan tetapi juga bisa menampilkan gambar untuk berkomunikasi.
2.     Sebagai alat pendidikan
Dengan komputer siswa sekolah dapat memperoleh pengetahuan dengan koneksi internet dan sebagainya sehingga pengetahuan mereka luas. Selain itu komputer juga dapat digunakan sebagai media pembelajaran yang efektif, guru dapat menyampaikan pelajarannya dengan mudah.
3.     Sebagai sarana guna mempermudah dunia pekerjaan
Ketika komputer belum ada, untuk menulis surat atau dokumen masih menggunakan manual atau mesin ketik. Cara tersebut akan menyulitkan ketika terjadi kesalahan dan juga akan memakan waktu yang lama selain itu cara tersebut akan menyulitkan ketika menyimpan surat atau dokumen tersebut. Setelah adanya komputer hal tersebut dapat dipermudah.
4.     Sebagai sarana informasi
Dengan komputer yang sudah tersambung dengan internet informasi jenis apapun dapat kita peroleh, mulai dari bidang pendidikan, usaha, fashion, ataupun informasi tentang cuaca semuanya dapat dengan mudah kita dapatkan
5.     Sebagai sarana keamanan
Dalam bidang keamanan, alat-alat militer saat ini sudah dikendalikan dengan komputer untuk menghadapi berbagai serangan dari luar atau dalam negeri.
2.2. Pengertian Interaksi Manusia Dengan Komputer
Interaksi manusia dan komputer dalam bahasa inggris disebut human computer interaction, (HCI) adalah ilmu yang mempelajari hubungan antara manusia dan komputer yang meliputi perancangan, evaluasi, dan implementasi antarmuka pengguna komputer agar mudah digunakan oleh manusia. Ilmu ini berusaha untuk menemukan cara paling efisien dalam merancang pesan electronik. Sedangkan interaksi manusia dan komputer sendiri adalah serangkaian proses, dialog dan kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk berinteraksi dengan komputer yang keduanya saling memberikan masukan dan umpan balik melalui sebuah antarmuka untuk memperoleh hasil akhir yang diharapkan. Berikut adalah komponen-komponen interaksi manusia dengan komputer :
1.   User
Dimana pengguna dapat berupa individu, grup dalam sebuah kelompok yang saling berhubungan, atau sekelompok dalam organisasi dimana  masing-masing berhubungan  dengan  bagian  sama  dari  suatu  kerjaan  atau  proses.
User (manusia) memiliki keterbatasan dalam memproses informasi, dan hal ini mempunyai implikasi pada desain antara lain:

1.     Informasi yang diterima dan direspon melalui sejumlah saluran input dan output :
·       Saluran Visual (visual channel)
·       Saluran Pendengaran (auditory channel)
·       Saluran Peraba (haptic channel)
·       Pergerakan (movement)
2.     Informasi disimpan pada memory
·       Memory Sensor
·       Memory Jangka Pendek
·       Memory Jangka Panjang
3.     Informasi diproses dan diaplikasikan
·       Penalaran
·       Pemecahan masalah
·       Skill acquisition
·       Kesalahan
2.     Komputer
Komputer  adalah  suatu  teknologi  yang  digunakan  untuk mengontrol  suatu proses atau sebuah sistem; Jenisnya dapat berupa komputer yang berskala kecil/desktop sampai keskala besar seperti komputer super. Komputer  dapat  juga  berupa  suatu  teknologi  yang  dapat  ditempelkan/dicangkokkan (embedded system) ke suatu benda.
Sistem komputer terdiri dari berbagai macam elemen, yang masing-masing memiliki pengaruh terhadap user. Peralatan input untuk penggunaan secara interaktif memungkinkan user untuk memasukkan teks, menggambar, dan memilih obyek pada layar.
Peralatan output untuk penggunaan secara interaktif secara umum adalah beberapa jenis layar serta output dengan suara. Output dan input dalam bentuk kertas : paperless office dan less-paperless office.
3.   Interaksi
Setiap  komunikasi  antara  pengguna  (user)  dengan  komputer,  secara langsung  maupun  tidak  langsung;  Interaksi  tersebut  melibatkan  suatu  dialog dengan suatu umpan-balik (feedback) dan kontrol hasil kinerja dari suatu kerja. Interaksi  yang  yang  bagus  antar  pengguna  dengan  pemberi    dapat memberikan  suatu  kemudahan  dalam  melakukan  pekerjaan  sehingga  dapat menghasilkan suatu hasil yang diinginkan tepat waktu.

v  Mengapa membutuhkan Interaksi Manusia dan Komputer ?
Bisa di ambil sebagai contoh misalnya saja:
Seorang Programmer membuat sebuah program dengan menggunakan beberapa form. Form pertama misalnya berisi transaksi penjualan barang, kemudian dia membuat beberapa tombol dengan nama New, Save, Edit, Delete. Kemudian pada form kedua misalnya berisi transaksi pembelian barang, programmer tersebut membuat beberapa tombol dengan nama Baru, Simpan, Koreksi, Hapus.
Dari contoh diatas terlihat bahwa penamaan tombol-tombol tersebut pada beberapa form berbeda dan tidak konsisten. Dan untuk sebuah program hal ini tidaklah baik. Contohnya satu lagi, misalkan sebuah komputer lengkap dipasang pada sebuah tempat yang tidak nyaman bagi seorang user yang menggunakan. Atau keyboard yang digunakan pada komputer tersebut tombol-tombolnya keras sehingga susah untuk mengetik sesuatu.
Maka dari contoh-contoh diatas terdapat beberapa hal, yaitu karna ketidaknyamanannya dalam berinteraksi, antara manusia dan komputer. Dari sini dapat diperoleh mengapa kita membutuhkan dan mempelajari mata kuliah Interaksi Manusia dan Komputer. Mungkin masih banyak contoh-contoh lainnya yang berhubungan dengan Interaksi Manusia dan Komputer.

2.3 Tujuan Interaksi Manusia Dengan Komputer
Interaksi manusia dan komputer memiliki tujuan utama yaitu untuk mempermudah manusia dalam mengoperasikan komputer dan mendapatkan berbagai umpan balik yang ia perlukan selama ia bekerja pada sebuah sistem komputer.
Kita butuh Interaksi manusia komputer adalah agar kita lebih cepat dalam menyelesaikan suatu pekerjaan. serta dapat membuat waktu pengerjaannya lebih cepat dan tidak membutuhkan banyak biaya dalam membuat suatu pekerjaan.

2.4  Hubungan Timbal Balik Antara User Dengan Komputer
Interaksi adalah juga disebut proses hubungan timbal balik diantara manusia (aktif) dengan komputer (pasif). IMK adalah perihal, tata bentuk, penilaian dan implementasi sistem komputer interaktif untuk kegunaan manuasia dengan kajian fenomena yang didalamnya / interaksi antara pengguna dengan sistem. Komponen yang melibatkan model interaksi diantara pengguna :
a.  Pengguna (manusia)
Manusia menerima dan memproses perintah kedalam komputer. Pengguna secara individu atau sekelompok dimana masing-masing berhubungan dengan bagian dari suatu pekerjaan atau proses.
b.     Sistem (mesin)
Komputer : teknologi komputer yang digunakan untuk menerima, memproses, dan menghasilkan output yang telah diproses.
c.      Interaksi
Pengaruh akibat Interaksi Manusia dan Komputer dalam masa sekarang ini dapat dipandang dari dua sudut, yaitu sudut Kemanusiaan dan Sudut sosial.


v Keuntungan Manusia dapat berinteraksi dengan Komputer adalah :
1.     Menghemat waktu untuk mengerjakan pekerjaan perhitungan yang rumit seperti membuat laporan keuangan.
2.     Menghemat tenaga, karena manusia mengendalikan komputer untuk melakukan tugas yang berulang seperti menginput transaksi pemebelian, penjualan dll. Tanpa menulis hal yang selalu berulang dari setiap transaksi.

v Implementasi Interaksi Manusia dan Komputer :
1.     Untuk kehidupan sehari-hari, seperti kendali lalu lintas udara, reaktor nuklir dan pembangkit listrik.
2.     Pemakaian industri dan komersial, seperti perbankan, asuransi, pemesanan barang, pemesanan hotel.
3.     Aplikasi hotel, rumah dan hiburan, seperti video game, email, dan paket pendidikan.
4.     Eksplorasi, kreatif, dan kerjasama, seperti web, pengambilan keputusan bisnis, dan ensiklopedi.

2.5  Prinsip Usability
Usability dalam interaksi manusia dan komputer merupakan bagian penting yang harus terpenuhi dalam perancangan sebuah sistem. Misalnya dalam pembuatan sebuah web. Web usability adalah salah satu faktor penting dalam mengembangkan sebuah web. Pengembang harus memahami prinsip-prinsip usability sebelum mengimplemen-tasikannya pada sebuah web.Menurut Jacob Nielsen, usability adalah sebuah atribut kualitas yang menilai tingkat kemudahan user interface untuk digunakan.

v Usability didefenisikan melalui lima komponen, yaitu :
1.     Learnability
Learnability menjelaskan tingkat kemudahan pengguna untuk memenuhi task-task dasar ketika pertama kali mereka melihat/menggunakan hasil perancangan.
2.     Efficiency
Efficiency menjelaskan tingkat kecepatan pengguna dalam menyelesaikan task-task setelah mereka mempelajari hasil perancangan.

3.     Memorability
Memorability menjelaskan tingkat kemudahan pengguna dalam menggunakan rancangan dengan baik, setelah beberapa lama tidak menggunakannya.
4.     Errors
Errors menjelaskan jumlah error yang dilakukan oleh pengguna, tingkat kejengkelan terhadap error dan cara memperbaiki error.
5.     Satisfaction
Satisfaction menjelaskan tingkat kepuasan pengguna dalam menggunakan rancangan.

v Sebuah web dangan usability akan ditinggalkan penggunanya hanya dalam hitungan menit. Misalnya dikarenakan beberapa kondisi sebagai berikut :
·     Web Sulit digunakan
·     Navigasi web yang buruk.
·     Pengguna tidak mendapatkan apa yang diinginkan.
·     Pengguna mendapatkan adanya kesalahan pada web.
·     Homepage tidak menjelaskan tentang apa yang ditawarkan oleh perusahaan
·     Petunjuk yang kurang jelas

2.6  Dialog Manusia Komputer
Dialog dalam arti umum adalah percakapan antara dua kelompok atau lebih. Sedangkan dialog dalam konteks perencanaan user interface adalah struktur dari percakapan antara user dan sistem komputer.
v Dialog Manusia – Komputer:
• Berbeda dengan dialog antar manusia pada umumnya, dialog dengan komputer biasanya terstruktur dan terbatas.
• Beberapa ciri-ciri dari dialog terstruktur yang nantinya ditemukan dalam dialog komputer:
-    Menyebutkan beberapa hal tertentu secara berurutan.
-    Beberapa bagian dari dialog dilakukan secara bersamaan.
-    Dialog berikutnya tergantung pada respon dari partisipan.
-    Dialog terstruktur biasanya tidak langsung menuju pada arti katakatanya/ semantik tapi pada level sintaksis.
Dalam konteks perancangan antarmuka pengguna Dialog adalah struktur dari percakapan antara pengguna dengan sistem komputer. Ragam dialog dalam interaksi manusia dan komputer adalah kemampuan untuk memahami berbagai sistem interaktif yang digunakan selama ini.

v Tiga tingkatan bahasa komputer dalam suatu dialog!
1.     Tingkat paling rendah icon pada layar bahasa manusia ekivalen dengan bunyi dan ejaan suatu kata
2.     Urutan dan struktur dari input dan output bahasa manusia ekivalen dengan grammar suatu kalimat
3.     Percakapan yang berkaitan degan pengaruh pada struktur data internal komputer dan dunia eksternal bahasa manusia ekivalen dengan arti yang berasal dari lapisan dalam suatu percakapan


------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------


BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Interaksi adalah juga disebut proses hubungan timbal balik diantara manusia (aktif) dengan komputer (pasif). IMK adalah perihal, tata bentuk, penilaian dan implementasi sistem komputer interaktif untuk kegunaan manuasia dengan kajian fenomena yang didalamnya / interaksi antara pengguna dengan sistem. Komponen yang melibatkan model interaksi diantara pengguna : pengguna (manusia), sistem (mesin), dan interaksi.
Usability dalam interaksi manusia dan komputer merupakan bagian penting yang harus terpenuhi dalam perancangan sebuah sistem. Misalnya dalam pembuatan sebuah web. Web usability adalah salah satu faktor penting dalam mengembangkan sebuah web. Pengembang harus memahami prinsip-prinsip usability sebelum mengimplementasikannya pada sebuah web.
Diharapkan dengan adanya Interaksi manusia dan computer dapat dimanfaatkan sesuai dengan kegunaan.
Kemajuan Komputer dimasa mendatang diharapkan dapat membantu semua jenis pekerjaan manusia sehingga mereka mampu menyelesaikan pekerjaan mereka dengan cepat karena dimasa depan teknologi akan semakin canggih dan semua pekerjaan akan dikerjakan dengan system computer

3.2    Saran
Untuk kemajuan teknologi computer maka diharapkan agar perkembangan computer kedepan mampu merubah pola fikir dan menjadikan masyarakat Indonesia menjadi manusia yang kreatif dan inovatif. Serta tumbuhnya kreatifitas hingga menghasilkan suatu karya yang berguna bagi manusia.
Diharapkan dengan adanya Interaksi manusia dan computer dapat dimanfaatkan sesuai dengan kegunaan.
Kemajuan computer dimasa mendatang diharapkan dapat membantu semua jenis pekerjaan manusia sehingga mereka mampu menyelesaikan pekerjaan mereka dengan cepat karena dimasa depan teknologi akan semakin canggih dan semua pekerjaan akan dikerjakan dengan system computer.


------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------


DAFTAR PUSTAKA

http://blog.re.or.id/antarmuka-pemakai-user-interface.html
http://carapedia.com/pengertian_definisi_desain_info2196.html
http://sennyherliyantir.blogspot.com/2011/05/desain.html
http://kyfi.wordpress.om/2010/11/01/desain-dalam-imk/
http://heriyanto-annafi.blogspot.om/2013/04/prinsip-design-ide-dalam-membuat-design.html
http://adrianade.blogspot.om/2013/05/prinsip-desain.html
http://evasendana.blogspot.co.id/2015/07/makalah-interaksi-manusia-dan-komputer.html





Terimakasih, Semoga Bermannfaat.


Share :

Facebook Twitter Google+
0 Komentar untuk "Makalah Interaksi Manusia Dan Komputer"

Pages

Back To Top